Institut Teknologi Bandung

Spam dan Kiat Mengatasinya

Apa itu spam?

Spam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.
Masalah spam di ITB bisa dibagi menjadi menjadi dua, spam yang masuk ke Inbox user dan account user yang disalahgunakan spammer untuk mengirim spam.

Spam yang masuk ke Inbox User

Spam yang masuk ke Inbox biasanya berjenis

  • Phising Email ini akan berpura-pura sebagai or
  • Hoax: email peringatan atau nasehat palsu yang biasanya diakhiri dengan himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya.

Bila Anda menerima spam, maka hanya SATU hal yang harus dilakukan adalah menghapusnya. Jangan pernah merespon email-email spam.

Account user yang disalahgunakan spammer untuk mengirim spam.

Dalam hal ini spammer biasanya akan berusaha menebak user dan password email Anda untuk bisa mengirim spam dari akun Anda. Bila hal ini terjadi, maka efeknya sangat buruk untuk akun Anda maupun reputasi network ITB secara keseluruhan. Bila akun Anda telah terbukti mengirim spam, maka mailadm akan mem-blacklist alamat email Anda dan mengirimkan notifikasi ke Mail Administrator domain Anda.

Bagi Anda sebagai End User, maka pencegahannya adalah menggunakan kombinasi user dan password yang kuat. Bagi Anda sebagai Mail Administrator di fakultas/prodi/direktorat maka berikut beberapa penyebab spam dan kiat menanggulanginya
Ada bebeberapa kemungkinan penyebab spam.

  1. Webmail jarang di update. Sebaiknya jika memakai squirrelmail, sering di update dan/atau di pasang plugin captcha. Source dapat diambil di http://squirrelmail.org/plugin_view.php?id=263.
  2. Salah satu web aplikasi di students.ee memiliki vulnerability yang bisa dimanfaatkan oleh spammer. COba lihat di logmail apakah ada yang aneh.
  3. Mesin telah disusupi script yang tidak diinginkan. Script ini bisa selalu mengirimkan spam. COba lihat di logmail apakah ada script  yang aneh.
  4. Setiap sistem server ada masalah pasti selalu mengirimkan notifikasi. Notifikasi ini berisi tentang masalah yang ada pada sistem tersebut. Lihat isi masalah dari logmail.

Urutan cara mengatasi :

  1. Lihat logmail. untuk freebsd  log berada di /var/log/maillog dengan perintah : less /var/log/maillog | grep ‘akunspammer’
  2. Dari situ akan terlihat banyak emaiil dari www@students. dilihat secara detail apa masalahnya.
  3. Menyelesaikan masalah yang ada.
  4. Jangan lupa, jika memakai squirrelmail, plugin tambahkan captcha.