Institut Teknologi Bandung

Penghargaan Web Unit Kerja

Latar Belakang

Laman resmi situs web Institut Teknologi Bandung www.itb.ac.id dirilis ke publik pertama kali pada tahun 1997, atau satu tahun sejak adanya Internet di Institut Teknologi Bandung. Sejak saat itu, laman resmi situs web Institut Teknologi Bandung sudah sebelas kali mengalami pembaharuan, baik dari sisi  tampilan, isi (konten), maupun dari sisi teknologi pendukungnya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan sumber daya yang dimiliki oleh Institut Teknologi Bandung, unit-unit kerja mulai membuat laman resmi situs web masing-masing. Sejalan dengan visi dan misi Institut Teknologi Bandung untuk menjadi World Class University , laman resmi situs web ITB juga menjadi komponen utama dalam pemeringkatan perguruan tinggi Webometrics. Laman situs web unit kerja juga menjadi komponen penunjang dalam pemeringkatan oleh Webometrics. Karena itu diperlukan peran serta aktif dari seluruh sivitas untuk menyediakan data dan informasi terkait dengan pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ke laman resmi situs web resmi baik web Institut Teknologi Bandung maupun web Fakultas/Sekolah.

 

Sebagai tambahan, dengan adanya undang-undang keterbukaan informasi publik, laman resmi situs web Institut Teknologi Bandung dan Fakultas/Sekolah diharapkan bisa menjadi wadah untuk menyajikan informasi sesuai dengan ketentuan. Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam menjalankan misinya harus ditunjang oleh sistem dan teknologi informasi (STI) yang mampu menjawab berbagai kebutuhan yang ada. Salah satu komponen dari STI ini adalah layanan website yang berfungsi menjembatani arus informasi antara ITB dengan berbagai pihak. Pengelolaan website di ITB melibatkan secara aktif semua unit kerja, di dimana setiap unit kerja sebelumnya harus menyiapkan infrastruktur web dan SDM masing-masing untuk pengelolaan informasi. Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DitSTI) selaku unit kerja yang salah satunya bertugas melayani kebutuhan website saat ini telah membangun suatu sistem Multisite. Dalam sistem ini unit kerja tidak lagi dibebani dengan persoalan pengelolaan infrastruktur. Unit kerja dapat lebih fokus dalam pengembangan konten, yang pada akhirnya akan memberikan kepuasan terhadap pengunjung yang membutuhkan informasi.

 

Dengan diluncurkannya sistem Multisite ini diharapkan semua unit kerja dapat memanfaatkan semua
kelebihan yang dimiliki. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh sistem multisite adalah sebagai berikut:

 

  • Penelusuran dan pencarian informasi lintas website yang ada di sistem Multisite
  • Unit kerja hanya tinggal mengisi informasi ke website, pengelola web unit kerja didorong untuk selalu memutakhirkan isi website dan mengintegrasikan posting yang ada di website-nya ke sosial media.
  • Kemudahan pengelolaan theme, karena theme dikelola terpusat, tapi unit masih diberi kebebasan untuk mengelola warna, font type, layout, dan gambar utama.
  • Kemudahan untuk eksekutif ITB melakukan monitoring konten website-website unit kerja yang ada di sistem Multisite.
  • Unit kerja tidak perlu mengelola web server sendiri karena pengelolaan server dilakukan oleh
  • Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi. Hal ini juga akan efektif dari sisi security karena tidak perlu memonitor banyak web server.
Agar semua unit kerja dapat berpartisipasi secara aktif untuk menaikkan peringkat Institut Teknologi
Bandung di pemeringkatan Webometric, meningkatkan penilaian keterbukaan Informasi publik, dan
memanfaatkan sistem Multisite maka Institut Teknologi Bandung bermaksud untuk memberikan
penghargaan untuk web unit kerja.

Tujuan

Tujuan dari penghargaan ini adalah:
  • Memotivasi pengelola web site unit kerja dalam memberikan layanan terbaiknya dalam penyajian informasi
  • Secara university-wide terkait Webometrics diharapkan dapat menaikkan tingkat presence rank, impact rank, dan openness rank dari ITB
  • Meningkatkan kreativitas pengelola dalam penyampaian informasi terkait dengan berbagai batasan maupun kelebihan yang dimiliki oleh sistem Multisite
  • Menjadi landasan untuk keberlanjutan pengelolaan konten dan wadah interaksi bagi para pengguna sistem Multisite selanjutnya