Orientasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Kampus ITB (OPTIK) 2016

gambaroptik

ORIENTASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS ITB (OPTIK) tahun 2016

Tujuan

OPTIK atau Orientasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Kampus ITB adalah Kegiatan pengenalan teknologi informasi yang ada di dalam lingkungan kampus ITB. Setiap mahasiswa baru sebaiknya mengikuti kegiatan OPTIK ini sebagai pra-syarat dasar sebelum mengikuti materi kuliah TPB atau Tahap Persiapan Bersama. Materi OPTIK terdiri dari pengenalan layanan teknologi informasi yang hanya dapat diakses secara terbatas menggunakan akun internet khusus.

Setelah mengikuti kegiatan OPTIK ITB, mahasiswa diharapkan

  1. Memiliki kemampuan dasar untuk mengakses berbagai layanan teknologi informasi di lingkungan kampus untuk keperluan perkuliahan dan penelitian selama menjadi mahasiswa aktif di ITB.
  2. Memiliki akun internet ITB yang aktif,
  3. Memiliki akun email ITB,
  4. Dapat mengakses berbagai layanan teknologi informasi kampus,
  5. Mendapatkan software legal yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jadwal
Pelaksanaan OPTIK 2016 akan dilaksanakan pada 22 Agustus – 16 September 2016

Tempat

  1. Ganesa            : Gedung Layanan Operasional Dit STI (Dulunya ComLabs), ITB Kampus Ganesa
  2. Jatinangor      : Ruang Server, Gedung Utama Lantai 1, ITB Kampus Jatinangor

Video penjelasan tentang

  1. Apa itu OPTIK 2016 dan keuntungannya, silahkan buka link berikut (OPTIK 2016)
  2. Cara Membuat Akun INA (ttg Akun INA).
  3. Untuk Setting Proxy, silahkan klik link berikut.
  4. Setting Proxy untuk Mac Device.
  5. Video Tutorial untuk Setting Android (Drony link) (Ttg drony).
  6. Prosedur Mendapatkan Windows Dreamspark.

Jika mahasiswa baru masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan teknologi informasi kampus ITB setelah menonton video tutorial dari link tersebut, mahasiswa dapat mendaftarkan diri ke kelas pendampingan OPTIK yang dibuka 2 shift setiap harinya, yaitu pagi (09.00-11.00) dan siang (13.00-15.00) mulai tanggal 22 Agustus 2016, dengan mendatangi 2 (dua) alamat diatas.

Jika status NIM anda tidak terdaftar setelah mencoba langkah-langkah diatas, silahkan kirim email pertanyaan ke nicadm(at)itb.ac.id dengan format:

to/kepada : nicadm(at)itb.ac.id
subject/subjek : nim xxx16xxx belum terdaftar

Saya, xxxxxx, nim xxx16xxx belum bisa mendaftar akun ai3 dan email.

 

Berita Terkait