Institut Teknologi Bandung

Single Blog Title

This is a single blog caption
Untitled-1
22 Jun 2016

Laporan Tahunan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi ITB 2015

/
Posted By
/
Categories

Sebagai unsur penunjang akademik di tingkat institut yang berfungsi memfasilitasi pengembangan ITB sebagai suatu pusat pengetahuan dan komunitas pengetahuan yang berbasis pada teknologi informasi, Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) bertanggung jawab dalam mengelola sistem-sistem informasi, mengelola infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta memberikan layanan-layanan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada seluruh sivitas ITB.

Untuk menjamin ketersediaan dan keberlangsungan layanan-layanan TIK, DSTI bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur TIK serta layanan dan fasilitas TIK. Selain mengelola Fasilitas dan Layanan yang sudah ada, DSTI juga memiliki program kerja yang bertujuan untuk mengembangkan fasilitas dan layanan yang ada agar selalu dapat memberikan layanan yang terbaik untuk sivitas ITB.

Program kerja DSTI tahun 2015 terdiri dari program kelangsungan operasi (operasional) pada kegiatan pendidikan, pendukung akademik, operasi dan pemeliharaan, dan administrasi dan umum. Aktivitas yang dilakukan mencakup pelayanan dan perlengkapan mahasiswa baru, penggantian fasilitas PTI, fasilitas internet, pengadaan dan penglolaan bandwidth (back-up link, Internet, dan TEIN), lisensi microsoft campus agreement dan software pendidikan, pengembangan dan integrasi sistem informasi, layanan infrastruktur ITB, serta pemeliharaan kerjasama dan keanggotaan ITB di beberapa organisasi penyedia dan pengelola jasa terkait Internet (AI3 dan SOI Asia, APAN, APNIC, dll). Sasaran pengembangan DSTI yang relevan dengan Renstra ITB 2011-2015 adalah Bidang Sarana dan Prasarana, Bidang Sumber Daya Manusia, dan Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. Sumber dana kegiatan-kegiatan DSTI tersebut berasal dari Dana Masyarakat (DM) dan BP-PTN_BH.

Laporan ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja DSTI di tahun 2015. Laporan ini berisi penjelasan mengenai setiap program kerja yang dituangkan dalam RKA DSTI 2015 beserta capaian kinerjanya. Capaian daya serap anggaran dihitung berdasarkan Form Realisasi Anggaran (FRA) yang diterbitkan oleh DSTI, sementara untuk capaian indikator kinerja dihitung menggunakan fasilitas yang ada di SISPRAN on-line. Beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan juga dijelaskan dalam laporan ini. Di akhir laporan disampaikan kesimpulan dan saran-saran yang perlu dipertimbangkan untuk kelancaran pengelolaan TIK di ITB.

Download PDF – Laporan Dit.STI tahun 2015 (1)