Enter your keyword

Multisite ITB

Multisite adalah layanan baru berbasis wordpress yang disediakan DSTI untuk sistem website unit yang ada di ITB, banyak manfaat dari multisite mulai dari maintenance terpusat, layanan theme itb sampai security update.

Sistem Multisite menggunakan WordPress sebagai sistem pengelolaan konten / Content Management System (CMS). Admin Web bertanggung jawab mengelola isi situs web. Pengelolaan sistem CMS dan server serta pembaharuan themes menjadi tanggung jawab DSTI.

Sistem Multisite tidak mengakomodir pembuatan situs web di sub direktori. Situs turunan hanya bisa diakomodir sebagai situs web tersendiri dengan nama domain tersendiri. Nama Domain akan diberikan sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh DSTI.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh sistem multisite adalah sebagai berikut :

  • Penelurusan dan pencarian informasi lintas website yang ada dalam sistem Multisite.
  • Unit kerja hanya tinggal mengisi informasi ke website, pengelola web unit kerja didorong untuk selalu memutakhirkan isi website dan mengintegrasikan posting yang ada di websitenya ke media sosial.
  • Kemudahan pengelolaan themes, karena themes dikelola terpusat, tapi unit masih diberi kebebasan untuk mengelola warna, font type, layout, dan gambar utama.
  • Kemudahan untuk eksekutif ITB melakukan monitoring konten website-website unit kerja yang ada di sistem Multisite.
  • Unit kerja tidak perlu mengelola web server sendiri karena pengelolaan server dilakukan oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi. Hal ini juga akan efektif dari sisi security karena tidak perlu memonitor banyak server.

Untuk dapat menggunakan layanan Mulsitite ini dipersilakan untuk menyampaikan permohonan penggunaan layanan melalui surat ke Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi.


File Terkait

Penggunaan Teknologi Multisite Untuk Website Unit Kerja di Institut Teknologi Bandung