Institut Teknologi Bandung

Layanan VPN ITB

Layanan VPN

VPN ITB adalah sebuah servis yang disediakan oleh ITB untuk melalukan koneksi ke dalam jaringan ITB. koneksi VPN ini menjadi penting bagi para penggunanya untuk dapat mengakses jaringan ITB yang tidak dapat di akses secara umum dari luar ITB dengan tingkat keamanan lebih baik.
Menurut IETF, Internet Engineering Task Force, VPN is an emulation of [a] private Wide Area Network (WAN) using shared or public IP facilities, such as the Internet or private IP backbones.
VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network (internet), dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet. Hubungan ini dibangun melalui suatu tunnel (terowongan) virtual antara 2 node.

Gambar berikut ini menjelaskan implementasi VPN di ITB.skema_vpn_itb

Pengguna VPN-ITB

Kepada siapa service ini ditujukan?
Service ini diperuntukkan bagi masyarakat ITB yang berada diluar kampus ITB dan ingin mengakses jaringan ITB. Hal ini dibutuhkan karena ada resources yang berada di dalam jaringan ITB dan tidak dapat diakses dari luar ITB secara langsung.

Selain itu, dengan menggunakan VPN kita dapat mengirimkan email kita yang beralamatkan di user@{domain}.itb.ac.id. User yang berada di luar ITB dapat mengambil email dari mail server-mail server yang ada di ITB (misalnya dengan menggunakan IMAP atau POP3 di Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, dll), tapi tidak dapat mengirimkan emailnya apabila tidak menggunakan outgoing MX menggunakan MX ITB. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan VPN terlebih dulu ke jaringan ITB.

Sebagai catatan, hal ini tidak berlaku bagi yang menggunakan webmail untuk membaca / mengirimkan email.

Keuntungan Menggunakan VPN-ITB

Apa keuntungan menggunakan service VPN ini?
Keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan service VPN ini adalah :

  • Akses global ke jaringan ITB melalui internet.
  • Kemudahan mengakses resources yang berada di dalam jaringan ITB yang tidak dapat diakses dari luar ITB secara langsung.
  • Keamanan dalam transfer data karena adanya enkripsi data.
  • Keamanan jaringan sebab hanya user yang telah melewati proses autentikasi dan autorisasi saja yang dapat menggunakan service VPN.
  • Bagi pengguna email client seperti Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, dll dapat mengirimkan email dengan menggunakan MX ITB sebagai outgoing MX. Catatan: untuk mengirim email menggunakan MX ITB dapat juga dengan setting di http://ditsti.itb.ac.id/petunjuk-pemakaian-smtp-server-itb/

Ketentuan Layanan

Seluruh account INA berstatus mahasiswa tidak dapat mengakses VPN ITB dari pukul 07.00-17.00 WIB, hal ini dikarenakan keterbatasan perangkat yang tersedia untuk layanan VPN. Penjelasan detail di http://ditsti.itb.ac.id/2015/10/12/pengumuman-layanan-vpn-untuk-mahasiswa/

Prosedur Instalasi VPN

Prosedur instalasi VPN dapat dibaca di  artikel Instalasi Dan Konfigurasi OpenVPN ITB

Frequently Asked Question